-->

5 Komponen Penting Dalam Membangun Aset Digital

5 Komponen Penting Dalam Membangun Aset Digital - Menurut Wikipedia aset adalah manfaat usaha yang diharapkan dapat diberikan di kemudian hari dari sumber ekonomi. Jadi dapat disumpulkan bahwa aset sama saja dengan kekayaan atau sumberdaya yang dimiliki oleh suatu entitas. Sedangkan digital merupakan bilangan biner yang terdiri dari angka 1 dan 0 saja. Dan basis data dari semua sistem computer menggunakan system digital.

Banyak perusahaan online yang menggunakan system digital sebagai media tempat promosi dari bisnis mereka. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa aset digital adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan penjualan, seperti sosmed, website, daftar email, kontak telephone dan lain-lain.

5 Komponen Penting Dalam Membangun Aset Digital

Hampir semua orang menggunakan social media. Selain untuk sekedar hiburan mereka pun menggunakannya sebagai alat untuk bersosialisasi secara online. Bisnis online pun dapat kalian lakukan dengan social media ini. Dengan banyak orang yang melakukan pembelian secara online, ini merupakan peluang besar untuk bisnis online Anda. Mengingat sudah semakin banyak pula orang yang sukses karena bisnis online mereka lewat website dan social media.

Anda tidak perlu mempunyai sebuah toko atau pun menyewa sebuah ruko untuk bisnis online tersebut. Anda hanya cukup menggunakan aset digital yang Anda miliki kemudian Anda harus sering-sering membuat konten-konten yang kreatif agar para calon konsumen tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda. Konten yang konsisten akan membuat para pelanggan makin percaya akan produk yang Anda tawarkan. Konten yang di ciptakan dapat berupa konten yang mengandung unsur edukasi penyadaran, diskusi dan masih banyak lagi. Perwujudan dari sebuah konten yaitu dapat berupa gambar, videa, artikel dan lain-lain.

Ada beberapa komponen penting dalam pengembangan bisnis melalui aset digital diantaranya yaitu:

1. Facebook


Facebook merupakan situs jejaring social yang digunakan untuk mengirim pesan jarak jauh, mengunggah foto dan video, menambah teman, dan lain sebagainya. Dengan facebook ini Anda dapat dengan bebas memposting konten-konten produk dari bisnis Anda. Kualitas gambar yang di hasilkan ketika gambar di uplod juga tidak berubah. Karena mempunyai resolusi gambar yang tetap. Anda pun dapat mengunggah gambar dalam jumlah banyak sekaligus.

2. Instagram


Instagram memudahkan Anda untuk mendisplay produk yang simple. Anda dapat dengan mudahnya mengunggah foto atau video tentang produk Anda di Instagram. Konsep pada Instagram pun dapat Anda buat sendiri agar feed Instagram Anda terlihat lebih rapih dan menarik minat pelanggan. Tampilan mudah di tata sedemikian rupa dengan display yang simple. Anda dapat memuat 5 akun yang berbeda dalam satu aplikasi ini. Sehingga Instagram ini dapat Anda manfaatkan sebagai manajemen aset digital.

3. Youtube


Dengan adanya youtube Anda dapat membuat berbagai macam video inspiratif yang bertujuan untuk menginspirasi banyak orang sekaligus memasarkan produk Anda agar terkenal dan laris. Youtube dapat digunakan sebagai presensi, dari sini Anda dapat mempersiapkan video tentang penjelasan seputar produk yang Anda jual. Kebanyakan orang lebih tertarik melihat video dari pada membaca tulisan tentang penjelasan yang panjang. Tulisan yang Panjang membuat calon konsumen malas untuk membacanya. Dan Anda bisa menguploadnya seminggu sekali.

4. Website


Buat artikel yang berisi tentang detai dari produk Anda. Buatlah sebuah promo dan event dalam website Anda agar pengunjung website Anda dapat berpartisipasi ikut menyebarkan artikel tersebut. Selalu update artikel tersebut setiap minggu sekali.

5. Email


Hampir setiap orang menggunakan email. Orang yang mempunyai smartphone tentunya akan mendaftarkan email terlebih dahulu. Tanpa mendaftarkan email smartphone tersebut tidak dapat digunakan. Dan satu orang bisa mempunyai 2 email sekaligus. Entah itu karena lupa password ataupun yang lainnya. untuk pebisnis mungkin mempunyai 2 untuk pribadi dan yang satunya untuk bisnis. Anda dapat melacak berapa banyak email terkirim, berapa banyak persentase pesan terkirim yang tidak dapat terkirim, berapa banyak yang membuka email, berapa banyak orang yang membuka tautan yang ada di email, berapa banyak orang yang berhenti berlangganan saat menerima email Anda, dan berapa banyak orang yang bergabung atau berbelanja akbat dari email tersebut.

Demikian artikel mengenai 5 komponen penting dalam membangun aset digital. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan membantu anda untuk memilih jalan yang tepat.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel