-->

Bagaimana Usaha Digital Printing Menjadi Sebuah Aset

Bagaimana Usaha Digital Printing Menjadi Sebuah Aset - Salah satu bisnis era digital yang sedang tren dan terus mengalami perkembangan yang signifikan dalam 1 dekade terakhir,adalah bisnis usaha digital printing. Digital printing adalah sebuah metode percetakan dari gambar berbasis digital, yang biasanya berupa file, kemudian bisa langsung dicetak di berbagai media dengan cara yang instan dan cepat. Digital printing merupakan hasil inovasi perkembangan dari metode percetakan yang konvensional, yang muncul seiring dengan kemajuan teknologi dunia yang sudah masuk di era digital.

Umumnya digital printing memiliki biaya produksi yang lebih tinggi untuk per satuan nya dibanding metode cetak yang lebih konvensional seperti percetakan offset, sablon atau screen printing. Akan tetapi, teknik digital printing ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh metode percetakan offset maupun sablon, yaitu tidak memerlukan proses pra cetak seperti pembuatan film, plat cetak (offset), afdruk screen (sablon). Karena proses yang dilalui digital printing lebih ringkas, membuat digital printing menjadi lebih banyak digunakan untuk pengerjaan cetak jumlah skala kecil, mencetak dengan waktu yang sangat cepat dan instan.


Kebutuhan pasar di era teknologi dan informasi sekarang ini, khususnya di wilayah perkotaan yang sering mengadakan event, pameran, promosi yang sangat membutuhkan media promosi yang variatif dan menarik.

Lalu, apa yang menjadi pertimbangan anda apabila Anda tertarik terjun di Usaha Digital Printing ini? Mari, kami bantu buatkan tips tips penting memulai bisnis digital printing.

1. Lokasi Usaha


Faktor lokasi usaha digital printing sangatlah penting, terutama apabila anda membuka di kota besar yang berkembang. Karena bisnis digital printing adalah bisnis yang berorientasi pada kecepatan waktu produksi, maka faktor lokasi menjadi unsur utama, usahakan lokasi usaha mudah dijangkau, terutama oleh pengguna jasa digital printing anda, seperti di lokasi universitas, pasar, mall, kantor, perusahaan / industri, dll.

2. Kompetitor / Pesaing


Tentu saja anda harus melihat faktor kompetitor anda, pertimbangkan lokasi, kekuatan dan yang menjadi nilai kekuatan dan kelemahan kompetitor anda. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk menjadi kelebihan dan kekuatan usaha digital printing anda.

3. Target Pasar


Tentukan target pasar yang anda bidik secara spesifik terlebih dahulu. Apakah mengutamakan klien perusahaan atau corporate, untuk advertising, biro reklame atau broker, atau bisa juga ke retail, yang mana memiliki plus minus sendiri. Klien perusahaan atau corporate biasanya memberikan order dalam jumlah besar, pembayaran lebih lama, proses pemesanan lebih rumit dan menuntut profesionalitas usaha anda terutama dalam bidang kualitas dan ketepatan waktu. Sedangkan retail, biasanya jumlah pemesanan kecil, tetapi pembayaran kontan, lebih rumit untuk permintaan yang sangat variatif. Juga tentukan bermain di pasar low price atau premium price yang mengandalkan servis layanan, kualitas produksi dan ketepatan waktu.

4. Budget Modal dan Perhitungan Bisnis


Buatlah perhitungan nilai investasi mulai dari tempat usaha, peralatan usaha, ijin usaha, SDM karyawan usaha, dan kalkulasi perhitungan investasi bisnis digital printing dengan cermat. Untuk menghindari over budget dan acuan untuk bisnis usaha digital printing anda.

5. Memilih Aset Digital Printing Dengan Brand Yang Tepat


Carilah penjual atau distributor mesin digital printing yang terpercaya,yang menjual mesin berkualitas dan harga yang terjangkau, serta layanan supply spare part dan teknisi support yang siap membackup anda dalam jangka panjang.

Bisnis usaha digital printing sebenarnya bisnis yang cukup mudah, sederhana dan bisa dijalankan meskipun oleh pemula usaha sekalipun. Karena bisnis digital printing ini tidak memerlukan skill yang rumit, prinsip kerja utama nya hanya mencetak file. Akan tetapi, apabila anda menginginkan bisnis usaha digital printing yang sukses dan berkembang, tentu anda harus tambahkan nilai plus dalam layanan usaha digital printing anda, yang sulit ditiru kompetitor anda, seperti kualitas hasil cetakan bergaransi, jaminan produksi tepat waktu, proses pemesanan yang mudah, layanan antar, efisiensi produktivitas, kreatifitas desain, customer service yang memuaskan, dll.

Demikian artikel mengenai bagaimana usaha digital printing menadi sebuah aset. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan membantu anda untuk memilih jalan yang tepat.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel