-->

Mengenal Aset Digital Sebagai Alat Digital Marketing


Mengenal Aset Digital Sebagai Alat Digital Marketing - Lupakan metode marketing kuno seperti metode ATL (Above the line) atau BTL (below the line). Hadirnya teknologi digital telah mengubah secara signifikan bagaimana bisnis memasarkan produknya menggunakan omnichannel, multi-format, dan multi-platform. Simak ulasan secara lengkap di tulisan aset digital sebagai alat digital marketing.

Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing?


Digital marketing merupakan aktivitas promosi baik itu untuk sebuah brand ataupun produk menggunakan media elektronik atau. Puluhan tahun silam, media digital marketing sangatlah terbatas, sebutlah televisi atau radio yang hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah.

Dewasa ini, dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat serta penerimaan yang cukup luas dari hampir di semua lapisan masyarakat, tak ayal membuat model pemasaran digital adalah salah satu channel utama.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing:

  1. SEO – Search Engine Optimization
  2. Periklanan online – FB ads, Google Ads, dll.
  3. Promosi media cetak
  4. Iklan televisi & radio
  5. Billboard elektronik (video tron)
  6. Email marketing
  7. Mobile marketing
  8. dan lain-lain

Keunggulan Digital Marketing vs Konvensional


Tidak seperti iklan di surat kabar, selebaran brosur dan semacamnya, strategi pemasaran menggunakan media digital khsusunya online dapat diukur secara tepat bahkan real-time.

Dengan menggunakan media digital, Anda dapat mengetahui berapa lama iklan video produk Anda ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, dan tentunya Anda bisa mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak. Abilitas pemasaran digital akan tracking ini tentu sangat membantu para pebisnis online dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget marketing perusahaan.

Selain faktor kemudahan evaluasi, luas jangkauan geografis juga jadi salah satu keunggulan digital marketing. Dengan memanfaatkan media digital, Anda dapat menyebarkan konten/brand produk Anda ke seluruh dunia hanya dengan beberapa kali klik.

Dengan alasain ini pula, metode offline marketing kuno bahkan sudah ditinggalkan sama sekali oleh perusahaan tertentu.

Cara Memulai Digital Marketing


Jika kita berbicara digital marketing, sebagaimana sudah diulas pada tulisan di atas, spektrum ini sangatlah luas. Oleh karenanya, penting bagi seorang digital marketer untuk tahu teknik dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik.

Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah aset, kenali apa aset digital yang Anda miliki, dan mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja sebagaimana telah disinggung pada tulisan cara memulai bisnis di media sosial.

Beberapa aset dalam digital marketing:

  • Website
  • Postingan blog
  • Akun media sosial
  • Identitas brand (logo, company profile)
  • Jejak online (review/feedback dari pelanggan dll)


Jika Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan optimasi aset-aset tersebut untuk membangun brand yang Anda miliki. Misalnya untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik.

Hal lain yang sangat penting, jika kamu aktif dalam forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha kamu punya rating ataupun review yang baik dari para pelanggan.

Karena hal tersebut juga menjadi salah satu tanda bahwa citra brand yang kamu miliki bagus atau tidak di dunia maya. Jika kamu sudah mulai mengerti tentang digital marketing, ada baiknya kamu tahu juga sebagai komponen pengeluaran serta harga digital marketing sebagai acuan dasar.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel