-->

Penjelasan Lengkap Tentang Apa itu Aset Digital


Apa itu Aset Digital - Apakah Anda sudah memiliki aset digital? Sekedar infromasi bahwa selain aset fisik, aset digital juga penting untuk dimiliki. Jika Anda belum mengetahui apa sebenarnya aset digital itu dan Anda tidak tahu apakah selama ini Anda sudah memilikinya atau tidak, maka Anda berada di tempat yang benar untuk memenuhi rasa ingin tahu Anda.

Apa Itu Aset Digital?

Aset Digital adalah terlintas di pikiran Anda bahwa aset digital itu adalah sebuah aset yang hanya bisa dimiliki melalui perantara teknologi. Misalnya saham, reksa dana, Bitcoin atau apapun yang bisa dibeli secara online. Betul?

Daripada bingung, saya akan jelaskan. Aset digital adalah segala macam tulisan maupun media yang dikemas menjadi sumber binary, termasuk hak menggunakannya. File digital yang tidak menyertakan hak di atas tersebut, tidak dipertimbangkan untuk disebut sebagai aset digital.

Aset digital biasanya dikategorikan menjadi sebuah gambar dan multimedia, disebut aset media dan aset tulisan.

Aset digital merupakan data-data yang akan selalu hadir seiring dengan kemajuan teknologi, terlepas dari device tempat aset digital itu sendiri disimpan atau dibuat. Pemahaman mengenai aset digital ini penting untuk Anda ketahui, karena manajemen aset digital belakangan ini sedang naik daun.

Siaran konvensional secara perlahan-lahan berubah menjadi sebuah bentuk digital yang canggih. Atas dasar itulah pertumbuhan industri manajemen aset digital melonjak. Sebut saja perusahaan besar dan ternama seperti Microsoft, Apple, Samsung dan masih banyak lainnya yang secara konsisten mengembangkan perusahaan mereka untuk menyediakan manajemen aset digital pihak ketiga melalui repositori berbasis web.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aset digital ini adalah gambar maupun tulisan yang berada dalam sebuah perangkat teknologi, di mana aset ini bisa dikemas dalam bentuk binary.

Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah apa saja yang termasuk aset digital itu? Yuk kita simak jenis aset digital yang mungkin selama ini sudah Anda miliki.

Jenis Aset Digital


Sekarang waktunya Anda mengecek apakah Anda telah memiliki aset digital yang selama ini tidak Anda sadari.

1. Investasi Cryptocurrency


Jenis aset digital ini masih jadi kontroversi di Indonesia sendiri, karena masih belum ada aturan yang jelas mengenai aset digital dalam bentuk cryptocurrencyini sendiri.

Apa itu cryptocurrency? Cryptocurrency adalah sebuah mata uang dalam bentuk digital yang pertama kali diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto, penemu produk mata uang kripto yang dikenal dengan nama Bitcoin.

Mengapa Bitcoin diciptakan? Bitcoin ini dibuat dengan harapan bahwa setiap orang di dunia bebas untuk melakukan bertransaksi tanpa harus melibatkan lembaga keuangan negara, supaya lebih efektif dan efisien.

Dikarenakan para pengembang Bitcoin melihat adanya selisih dari kurs mata uang yang tidak tentu setiap saat. Untuk mengoptimalkan transaksi secara internasional, akhirnya mata uang digital berupa Bitcoin dibuat.

Bitcoin sekarang menjadi sebuah mata uang dengan nilai tertinggi di dunia, bahkan Bitcoin masih unggul bila disandingkan dengan Poundsterling ataupun Dollar Amerika. Apakah Anda telah mempunyai Bitcoin? Jika belum, jangan khawatir masih banyak jenis aset digital lainnya yang mungkin sudah Anda miliki dari dulu.

2. Investasi Reksa Dana dan Saham

Investasi jenis reksa dana dan saham ini merupakan sebuah jenis investasi yang mungkin sudah sering Anda dengar. Lalu, bagaimana membuat investasi reksa dana dan saham ini bisa menjadi bentuk aset digital?

Pada zaman yang sudah serba digital ini, pasti Anda sudah familiar dengan pembelian reksa dana maupun saham secara online. Kini sudah banyak marketplace yang menyediakan transaksi reksa dana secara online. Salah satunya adalah Bareksa.com, sebuah marketplace untuk reksa dana.

Kemudian, bagaimana dengan saham? Anda juga dapat membeli saham secara online. Kini, sudah banyak firma di Indonesia yang melayani transaksi secara online. Anda dapat mengajukan pembuatan akun saham ke suatu firma, lalu Anda bisa memantau, top up, atau bahkan menjual saham melalui aplikasi firma tersebut berbasis online.

Apakah Anda telah mempunyai reksa dana dan saham dalam bentuk online? Saya yakin, ada banyak pembaca yang telah mempunyainya.

Namun, bagaimana jika Anda belum mempunya reksa dana dan saham? Masih adakah investasi berupa aset digital lainnya? Tentu saja masih ada.

3. Kerja Sama dengan E-Commerce atau Online Shop


Anda pasti sudah sering mendengar bagaimana influencer di-endorse oleh sebuah perusahaan e-commerce maupun oleh online shop. Para influencer ini membuat sebuah review produk dengan menyertakan link untuk menuju akun toko maupun e-commerce tersebut. Dari situ, para influencer ini mendapatkan pemasukan. Tidak tanggung-tanggung, ketika sang influencer ini meng-upload satu foto berisi produk endorsement, ia bisa dibayar hingga ratusan bahkan jutaan rupiah.

Anda bukan seorang influncer? Tenang saja, jika Anda sudah memiliki akun Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin dan lain sebagainya, berarti Anda sudah memiliki sebuah aset digital.

Melalui media sosial yang Anda miliki, Anda sudah bisa membangun sebuah image yang menarik untuk disimak oleh followers Anda. Usahakan sesuai dengan hobi atau passion Anda, misalkan Anda hobi dengan make up, Anda bisa membuat sebuah review produk kosmetik.

Jika Anda senang menggunakan motor, Anda bisa membangun image pecinta motor dan perabotannya dan melakukan review produk-produk yang berkaitan dengan motor tersebut. Pasti ada saja orang yang tertarik dengan review Anda, dan ini akan menambah jumlah angka followers Anda.

Bagaimana akun itu menjadi sebuah aset digital? Seperti yang Anda tahu, jika Anda telah memiliki banyak followers tentu Anda akan mempunyai pasar yang sangat besar saat Anda mempromosikan produk.

Tidak hanya online shop kecil yang akan tertarik dengan Anda, perusahaan-perusahaan e-commerce pun tidak tanggung-tanggung akan meminta Anda untuk mereview produk mereka dan tentunya dibayar.

Apakah Anda sudah mempunyai akun media sosial yang telah saya sebutkan tadi? Jika belum, sekarang tugas Anda adalah membuat akun Anda semenarik mungkin untuk para pengguna akun di media sosial.

4. Banner Iklan

Apakah Anda memiliki sebuah blog maupun akun YouTube yang Anda isi dengan konten original yang Anda buat sendiri? Tentunya Anda sudah tahu ‘kan kalau Anda dapat meraih keuntungan dari memiliki blog atau akun YouTube?

Saat Anda sedang membaca blog orang atau menonton video di YouTube, Anda akan menemukan banyak sekali banner iklan di dalamnya. Setiap penayangan iklan tersebut, para blogger maupun youtuber tersebut akan mendapatkan bayaran. Apalagi jika orang-orang tersebut atau penonton mengklik iklan yang Ada di konten mereka tersebut.

Jika Anda ingin membantu para blogger dan youtuber favorit Anda, Anda cukup mengklik iklan yang tersedia di setiap kontennya.

Jika Anda sudah memiliki blog atau akun YouTube, kini waktunya Anda cari cara bagaimana menambahkan iklan di web Anda. Uang akan menghampiri tiap kali ada orang yang membaca page atau menonton video Anda.

Pentingnya Memiliki Aset Digital

Sekarang Anda tahu bahwa Anda telah mempunyai aset digital tersebut. Lalu apakah Anda masih bingung mengapa penting memiliki aset digital?

Silahkan simak ulasan pentingnya memiliki aset digital di bawah ini.

1. Membangun Personal Branding 


Salah satu aset digital yang sudah pasti dimiliki oleh banyak orang adalah akun media sosial. Sadar atau tidak, media sosial memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa media sosial memiliki pengaruh besar dalam menentukan personal branding kita di mata masyarakat, khususnya followers atau teman di akun-akun media sosial tersebut.

Contoh saja, dalam proses perekrutan karyawan, sudah banyak perusahaan yang melakukan tahap penilaian kualitas lewat akun media sosial para pelamarnya. Jika Anda adalah pemilik toko online, pelanggan Anda juga bisa mengetahui bagaimana Anda mengelola pelanggan dengan melihat interaksi Anda dengan followers Anda.

2. Alternatif Income Tambahan


Bayangkan jika Anda memiliki banyak followers di akun media sosial Anda diikuti dan sering dilihat oleh banyak orang. Anda pasti banyak ditawari untuk mereview sebuah barang. Tidak hanya online shop yang akan menghubungi Anda untuk melakukan kerja sama, tetapi perusahaan besar pun bisa saja meminta bantuan Anda untuk mereview produk mereka.

Anda cukup mengunggah foto produk atau jasa yang ditawarkan oleh mereka yang membayar Anda, dan Anda dapat menambah income untuk kehidupan Anda.

3. Tidak Mengganggu Pekerjaan Utama


Dengan memiliki sebuah aset digital, Anda tidak perlu khawatir apakah dengan mengurus aset digital membuat pekerjaan utama kalian terganggu. Tenang saja, itu semua tidak akan terjadi. Bahkan malah banyak yang resign dari kantor dan lebih memilih fokus membangun aset digital mereka. 

Jika Anda ingin memutuskan untuk mengiklankan produk di akun media sosial, Anda bisa melakukannya di waktu luang di luar pekerjaan utama kalian. Jika aset digital anda sudah besar, Anda hanya tinggal menikmati hasilnya saja. Anda tidak perlu menambah pekerjaan Anda lagi.

Buatlah Aset Digital Anda Sekarang Juga!


Dengan zaman yang semakin serba digital, sudah saatnya Anda membangun aset digital Anda untuk menambah penghasilan Anda tanpa membuang waktu dan tentunya Anda pun bisa untung dengan memiliki aset digital tersebut.

Apabila aset digital Anda belum memberikan imbal hasil dalam bentuk uang, tetapi jika Anda memiliki aset digital maka Anda dapat membangun personal branding untuk diri Anda yang akan berguna di kemudian hari. 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bahwa aset digital sangat penting untuk di zaman sekarang. Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tentang apa itu aset digital dan pentingnya memiliki aset digital untuk masa depan Anda. Semoga bermanfaat!

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel