-->

Belajar Digital Marketing | Pemula Harus Tahu

Elemen- elemen Penting Digital Marketing Yang Harus Kamu Tahu

 

Jika Anda Ingin Belajar Digital Marketing Pahami artikel ini karena cocok untuk pemula. Pertumbuhan teknologi membawa pengaruh besar terhadap setiap aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat. Termasuk untuk suatu aktivitas bisnis yang tentu saja akan merasakan akibat perkembangan ini secara luar biasa.

Digital marketing, menjadi suatu trend yang disaat ini telah banyak dilakukan oleh sebagian orang di dunia bisnis. Mereka menyangka bahwa dunia digital akan terus berkembang seiring pertumbuhan jaman dan kebutuhan manusia. Itu sebabnya digital marketing sangat membantu setiap kegiatan masyarakat lebih- lebih dalam proses pemasaran bisnis mereka.

Disaat ini banyak orang yang mau belajar strategi digital marketing, perihal itu tentu saja karena tata cara bisnis telah beralih dari yang offline menjadi online. Dapat dibilang metode- metode advertising tradisional sudah tidak relevan lagi. Prosedur semacam promosi dari pintu ke pintu maupun bahkan cold- calling sudah berakhir.

Nah, apa hal pertama yang terlintas dalam benak Anda mengenai digital marketing? Apakah berkaitan dengan seluruh jenis strategi marketing yang menyertakan penggunaan smartphone dan aplikasi?

Baiklah, sebelum mangulas lebih jauh, tentu saja Anda wajib memahami digital marketing. Apa itu digital marketing? Mengapa itu menjadi penting?

Belajar Digital Marketing
belajar digital marketing


 

Pengertian Digital Marketing

Menurut Wikipedia, digital marketing merupakan upaya untuk menghadirkan brand (marketing) yang menggunakan media digital sebab teruji mampu menjangkau pelanggan secara realtime dan relevan. Penerapan ini didalamnya juga memanfaatkan beberapa hal penting semacam psikologi, humanis, antropologi, dan teknologi yang berikutnya akan diolah menjadi suatu media interaktif buat menjangkau pasar yang lebih luas.

Sedangkan, secara universal digital marketing dapat diartikan sebagai prosedur pemasaran produk yang menggunakan saluran digital untuk menjangkau para konsumennya. Didalamnya juga tercantum hal lain seperti pemanfaatan ponsel( baik SMS dan MMS), sosial media marketing, iklan, SEM, SEO, serta media digital lainnya.

Jadi digital marketing itu luas. Tujuan utamanya untuk mempromosikan produk ataupun brand. Sedangkan point dari digital marketing merupakan upaya pengenalan produk lewat rencana yang terukur dengan menggunakan media digital.

 

Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis

Pentingnya digital marketing untuk suatu bisnis, di masa saat ini apabila suatu industri tidak memakai ataupun menggunakan digital marketing dapat dipastikan industri ataupun bisnis itu tidak akan tumbuh, walaupun berkembang cukup lama tetapi akan perlahan tertinggal oleh pesaing- pesaingnya.

Inilah penyebabnya mengapa peran digital marketing menjadi sangat penting. Tidak hanya itu para digital marketer mengungkapkan kalau data menampilkan bahwa Facebook ads tiga kali lebih murah dibandingkan media konvensional seperti tv, radio, ataupun iklan cetak.

Kenapa digital marketing mempunyai peran yang sangat penting jika dibandingkan dengan metode marketing offline? Untuk lebih jelasnya, berikut  beberapa poin pentingnya digital marketing untuk bisnis:

1. Menjual sekaligus Membangun Kesadaran Pasar akan Brand

Sosial media menjadi Salah satu bagian yang lumayan penting dari dunia Digital Marketing. Pemahaman mengenai Media Sosial yang tengah populer saat ini merupakan suatu kewajiban yang mesti dipunyai oleh para pegiat Digital Marketing. Saat ini, sebagian Media Sosial yang selalu digunakan adalah Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, TikTok, Youtube, Snapchat dan juga Pinterest.

Dengan terdapatnya fitur- fitur berbeda dari setiap media sosial, Anda dapat memaksimalkan kegiatan Digital Marketing Anda dengan metode yang berbeda- beda. Metode Copywriting juga mempunyai peran yang sangat penting, di mana penyusunan yang Anda buat, meskipun terbatas serta sangat pendek, tetapi mempunyai esensi menjual yang sangat kuat. Baik itu produk maupun jasa, Copywriting yang Anda buat harus mampu mengajak pembaca untuk membeli ataupun memakai produk dan jasa dari industri tersebut.

 

2. Menjangkau Banyak Sasaran Pasar

Para pebisnis yang hanya fokus pada penjualan offline, kebanyakan hanya mampu menjangkau sasaran pasar di suatu daerah. Apalagi tidak sedikit yang hanya menjangkau di sekitar lingkungannya saja. Di sinilah pentingnya peran digital marketing. Apabila penjualan offline sangat dipengaruhi oleh lokasi usaha, pemasaran online tidak demikian. Apalagi Anda dapat tetap berjualan sekali pun tengah berada di kamar tidur.

Bandingkan saja, kalau hanya dengan penjualan konvensional yang menuntut bertatap muka langsung, dengan calon customer. Digital marketing, mempermudah Anda berinteraksi dengan customer dimana pun berada. Lewat digital marketing, Anda dapat meraba banyak sekali sasaran pasar. Jika melalui web/ blog misalnya. Kamu tidak butuh mencari calon customer, tetapi mereka yang bakal mencari lewat search engine.

 

3. Pergerakan lebih Fleksibel

Di dalam dunia digital marketing, terdapat beberapa metode strategi yang dapat dicoba untuk memaksimalkan pemasaran online. beberapa metode yang dilakukan antara lain ialah:

• Content Marketing

• Social Media Marketing

• Mobile Marketing

• SEO( Search Engine Optimization),

• Big Informasi Analytic,

• dan lainnya.

Metode digital marketing yang banyak tentu membuat pergerakan para pelaku Digital Marketing menjadi jauh lebih luas dibanding dengan Offlline Marketing. Anda juga dapat memakai beberapa metode sekaligus, serta melihat bagaimana asumsi dari target audience Anda. Apabila sukses, Anda dapat terus mengoptimalkannya dan apabila kandas, Anda dapat memakai metode yang lain.

 

4. Tingkatkan Penjualan

Peran penting digital marketing lainnya adalah meningkatnya penjualan dari waktu ke waktu. Dapat menjangkau sasaran pasar nyaris ke seluruh pengguna internet, pasti membuat Anda lebih mudah memperoleh calon customer. Pelayanan yang tidak dibatasi ruang serta waktu, membuat pemasaran online dapat melayani siapa pun dan dimana pun.

Pemasaran digital sangat memudahkan untuk meningkatkan pemasukan para pengusaha kreatif. Hanya bermodalkan web, penjualan dapat bertambah dengan siginifikan.

 

5. Lebih Hemat Anggaran

Usaha apa pun pasti memerlukan anggaran, tanpa terkecuali dalam era digital seperti saat ini. Hanya saja pengeluaran tersebut akan jauh lebih rendah dibanding memakai metode konvensional. Dalam hal promosi serta pelayanan setiap usaha yang telah berkembang tentu memerlukan tim. Bayangkan berapa banyak pengeluaran yang Anda butuhkan untuk membayar tim tersebut. Lebih- lebih jika harus melayani banyak sekali pembeli tiap harinya.

Sedangkan sebanyak apa pun karyawan yang dimiliki dapat dikalahkan dengan mudah menggunakan kekuatan pelayanan digital. Mulai dari menjelasakan produk ataupun jasa secara detail, pemesanan produk, sampai pembayaran.

Sesudah mengetahui pentingnya digital marketing, Anda juga mesti tahu elemen penting yang menyertainya. Dalam digital marketing terdapat beberapa elemen penting yang bekerja bersama untuk menghasilkan fondasi bagi bisnis yang sukses. Menarik prospek pelanggan, membina ikatan dan membuat penawaran yang mendorong konversi, semua itu merupakan alur yang tepat dalam digital marketing.

 

Elemen- elemen Digital Marketing



Disaat mulai belajar digital marketing, ada baiknya Anda menguasai dari masing– masing elemen inti dari digital marketing. Dari seluruh elemen penting ini, ada bagusnya Anda melaksanakan secara bertahap. Ambil beberapa elemen yang Anda rasa prioritas untuk mendapatkan dan menekuni calon konsumen. Setelah itu sehabis adanya interaksi yang bagus, Anda dapat melanjutkan dengan menerapkan pendekatan memakai elemen inti yang lain.

Berikut ulasan mengenai elemen- elemen penting digital marketing untuk suatu bisnis:

 

Content Marketing

Content Marketing jauh lebih dari sekedar blogging. Content Marketing merupakan taktik yang mesti memberikan data berharga pada tiap sesi Customer Value Journey. Untuk memindahkan prospek Anda lewat Customer Value Journey, Anda butuh membuat konten yang bernilai dan menuntun mereka melewati tahap: Awareness, Evaluation, and Conversion.

Digital Advertising

Periklana digital  ialah sesuatu yang kita semua tahu yakni iklan berbayar. Dari iklan spanduk di situs website sampai iklan video di YouTube, Anda melihatnya di mana- mana. Digital Advertising meliputi iklan promosi dan pesan yang dikirim lewat email, situs website, media sosial, iklan online di mesin pencari, iklan spanduk di blog seluler ataupun situs Website, serta program afiliasi.

Customer Value Journey

Customer Value Journey membuat Anda mengotomatiskan segala proses akuisisi pelanggan, sehingga Anda bisa menjual tanpa mendesak ataupun menakuti konsumen. Customer Value Journey terdiri dari 8 sesi– dari Kesadaran ke Promosi, yang mana bertujuan membangun keyakinan serta loyalitas dari konsumen.

Social Media Marketing

Bisnis online bukan cuma tentang aktif berjualan di Facebook, twitter maupun Instagram. Ini tentang tampil di tempat berkumpul audiens Anda. Sehingga Anda bisa ikut serta dengan mereka, membangun ikatan, serta membuat penawaran yang bakal disukai pengikut Anda. Anda tidak butuh menjadi sama dengan audiens Anda. Anda hanya butuh menjadi problem solving dari permasalahan audiens Anda. Apa yang mereka butuhkan serta apa yang mereka konsumsi.

Search Marketing

Poin ini merupakan strategi jangka panjang. SEO bisa menolong Anda mendapatkan traffic organik gratis serta meningkatkan keyakinan pengunjung Anda sembari menunjang pemasaran digital Anda yang lain juga. Untuk menang di SEO dan menambah peringkat Anda, Anda perlu menciptakan konten bermutu tinggi serta memaksimalkan situs website Anda buat pengguna Anda terlebih dulu.

Email Marketing

Jangan yakin apa kata rumor. Email Marketing jauh dari kata punah maupun ditinggalkan di periode digital saat ini. Kenyataannya, email mempunyai salah satu aktivitas pemasaran Return of Invesment( ROI) paling tinggi. Kunci untuk menciptakan ROI itu yakni memfokuskan pada hal- hal semacam:

Email Anda dipastikan terkirim ke email pelanggan
• Menghasilkan keterikatan, sehingga calon konsumen Anda mengambil aksi yang Anda minta
• Mengotomatiskan segala proses

 

Website Analytics

Poin terakhir ini merupakan perlengkapan yang ampuh untuk membantu Anda mengenali apa yang berfungsi, apa yang tidak, serta apa yang wajib dicoba berikutnya.

Dengan web analytic kita akan mendapatkan informasi– informasi misalnya:

Pengunjung seperti apa yang gagal dikonversi?
• Apakah kualitas konten ktia sesuai dengan standar audiens?
• Halaman mana saja yang menghasilkan pengunjung lebih banyak?

 

Apabila Anda merupakan seorang pendatang baru serta berupaya untuk mempraktikkan Digital Marketing buat bisnis dan usaha Anda, cobalah untuk melakukan elemen– elemen diatas secara bertahap serta senantiasa maksimalkan tiap elemen yang cocok dengan audiens ataupun calon konsumen Anda. Jangan lupa untuk terus mengadakan penilaian untuk setiap prosesnya. Cobalah untuk memastikan Key Performance Indicator( KPI) untuk tiap elemen yang akan Anda terapkan.

 

Kegagalan dalam Digital Marketing

Sebagian besar pelaku bisnis gagal dalam menerapkan strategi pemasaran digital mereka. Mengapa itu dapat terjadi? Mari kita cari tahu. Ada 3 penyebabnya yang mungkin menimbulkan kegagalan tersebut, antara lain yaitu:

1. Tidak Mempunyai Pengetahuan

Melalui modul belajar digital marketing gratis ini kami harap kesenjangan tersebut dapat diatasi sehingga Anda mempunyai pengetahuan yang lumayan terkait apa yang akan dicoba.

2. Keterbatasan Waktu

Pastikan Anda mempunyai waktu yang cukup karna menerapkan strategi digital marketing itu tidak instan, tidak hanya memakai strategi jangka pendek, ada strategi jangka panjang yang sesungguhnya menjadi pusat dari apa yang kita pelajari. Bila anda tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajarinya, anda dapat memakai jasa digital marketing untuk membangun image brand produk Anda.

3. Tidak Memiliki Pengalaman

Trial and error telah menjadi bagian yang mesti Anda lalui untuk mengubah Anda yang pendatang baru menjadi seorang ahli.

 

Memutuskan Jasa Digital Marketing yang Tepat

jasa pembuatan website
jasa pembuatan website


Selaku pengusaha, Anda wajib jeli dalam memilah jasa digital marketing yang tepat. Jangan sampai merasa kecewa dengan pelayanan jasa digital marketing yang anda pilih sebab lupa melakukan latar belakang check terlebih dulu pada jasa yang akan digunakan. Ada beberapa tipe layanan untuk para pebisnis yang ditawarkan oleh sejumlah digital marketer untuk mengoptimalkan kemampuan digital marketing. Berikut ini contohnya:

1. Pembuatan Website

Digital Merketer dapat membantu Anda dalam membuat website bisnis, toko online, dan juga profile bisnis yang mobile friendly. Mempunyai website untuk bisnis tentu menjadi hal penting untuk kepentingan promosi dan juga penjualan produk atau jasa yang ditawarkan secara online.

 

2. Pemeliharaan Website

Kamu tidak harus kerepotan mengurus halaman website bisnismu sebab digital marketer bisa memberikanmu pelayanan server maintenance sepanjang dua puluh  jam nonstop serta pula pembuatan konten berbentuk sales letter buat website kamu.

 

3. Search Engine dan Social Media Optimization

Bagi Anda yang belum tahu, baik SEO dan SMO merupakan metode pemasaran yang sangat efektif dan efisien. Mengoptimalkan SEO ialah salah satu kunci utama dalam mencapai keberhasilan dalam melaksanakan manuver bisnis secara online dengan menggunakan mesin pencari Google.

Ada sangat banyak keuntungan yang dapat diperoleh para pebisnis dengan memakai jasa digital marketing. Tetapi pasti saja sebagai pengusaha online, Anda harus bijak dalam memilah partner kerjasama untuk menunjang aktivitas online campagne bisnismu.

 

Demikianlah uraian tentang elemen-elemen penting digital marketing yang harus Anda tahu sebelum terjun di dunia bisnis online. Pastikan Anda mempunyai keahlian serta situs website terbaik, sehingga bisnis Anda akan tetap mampu bersaing dengan kompetitor dan dapat menanggapi kebutuhan banyak customer.

 

 

 


0 Response to "Belajar Digital Marketing | Pemula Harus Tahu"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel