5 Sosial Media Yang Cocok Untuk Bisnis Online
5 Sosial Media Yang Cocok Untuk Bisnis Online
Dewasa ini kepopuleran sosial media bukan lagi hal baru. Pasalnya semakin
hari para penggunanya semakin bertambah dari berbagai belahan dunia untuk
memanfatkan fitur-fitur yang ada. Banyaknya user aktif inilah yang menjadi
kesempatan bagi sebagian orang untuk meraup keuntungan. Baik dengan promosi
bisnis, membuka online shop, jasa endorsement, dan lain-lain. Tidak heran jika
perusahaan-perusahaan besar bahkan UMKM seolah berlomba eksis di berbagai
sosial media.
Kesempatan ini pula harusnya tidak terlewat oleh Anda untuk mengembangkan
bisnis dan menghasilkan keuntungan.
Sejak kehadiran sosial media yang berkembang pesat sedari ditemukannya
teknologi internet, media promosi bisnis konvensional perlahan ditinggalkan,
seperti radio dan media cetak. Bisa dikatakan media digital online kini menjadi
wadah promosi yang lebih banyak dimanfaatkan karena kemudahan yang diberikan
bagi pemakainya, serta sistem yang real
time dan praktis. Terlebih dengan tersedianya bermacam Internet Tools semisal blog, website, facebook, instagram, dan
sebagainya.
Lalu, sosial media apa saja yang cocok untuk bisnis online? Berikut uraian
dari kami yang bisa menjadi pertimbangan dalam mempromosikan bisnis Anda.
Simak, ya!
Sosial Media Untuk Bisnis Online
1. Facebook
Facebook adalah sosial media pertama yang tim
asetdigital.com rekomendasikan. Selain karena penggunanya yang paling banyak di
dunia, Facebook juga memiliki fitur lengkap untuk menunjang kegiatan bisnis
Anda mulai dari promosi hingga konversi penjualan, utamanya fitur Facebook Ads.
Hal telah diakui dan dibuktikan oleh banyak pebisnis online yang telah lama
terjun memanfaatkan sosial media Facebook.
2. Instagram
Sosial media satu ini merupakan primadona bagi
hampir semua pelaku bisnis yang meng-online-kan usaha mereka. Keunggulan utamanya
ialah Anda bisa mengunggah foto produk dan menjadikannya sebagai katalog online
yang akan menarik perhatian calon pelanggan. Foto-foto tersebut dapat disertai
caption dan penggunaan hastag untk menguatkan kegiatan promosi bisnis Anda.
Sama halnya dengan Facebook, kini Instagram pun mempunyai ditur Ads yang
memungkinkan pemasaran produk menjangkau lebih banyak calon customer tertarget.
3. Twitter
Tak kalah populer dibanding Facebook dan
Instagram, Twitter bisa jadi salah satu opsi Anda untuk digunakan sebagai media
bisnis online. Meski awalnya dikenal sebagai sosial media dengan jumlah
karakter caption terbatas, Twitter nyatanya sanggup menjadi media ampuh dalam
memasarkan produk atau jasa. Nah, agar promosi bisnis Anda kian maksimal, lebih
dulu Anda harus meningkatkan jumlah follower, rajib nge-tweet, menjadwalkan
promosi rutin, sampai mengikuti promo berbayar.
4. Tiktok
Tiktok termasuk sosial media yang perkembangannya
paling cepat. Hanya butuh empat tahun lamanya hingga sosial media ini memiliki
500 juta pengguna dari berbagai negara. Kelebihannya terletak pada fitur video
berdurasi pendek yang diiringi beragam filter, musik, dan fitur unik lain. Jika
Anda jeli dan memanfaatkannya dengan tepat, maka Tiktok dapat menjadi sarana
promosi amppuh untuk bisnis Anda.
5. Google My Business
Walaupun tidak sepenuhnya termasuk sosial media,
namun platform keluaran Google ini bisa Anda manfaatkan untuk perkembangan dan
memperkuat strategi bisnis. Lewat Google My Business, calon customer dapat
mengakses informasi mengenai produk atau
layanan yang Anda sediakan. Hal ini karena informasi lengkap mengenai profil,
peta lokasi, dan ulasan bisnis Anda ditampilkan pada akun Google My Business.
Sekarang Anda telah mengetahui 5 sosial media yang cocok untuk bisnis Anda
beserta keunggulan fitur masing-masing. Namun, hal itu tidak berarti Anda bisa
menggunakan semua sosial media tanpa mempertimbangkan jenis bisnis yang sedang
digeluti. Nah, lantas bagaimana memilih jenis sosial media yang tidak hanya
cocok tapi juga tepat dengan bisnis Anda?
baca juga : Membangun aset digital
Cara Memilih Sosial Media Yang Sesuai Untuk Bisnis
1. Riset customer berdasarkan demografi
Langkah pertama untuk mengetahui jenis sosial
media yang tepat untuk bisnis Anda ialah riset demografi. Mengapa riset ini
penting? Karena dengan mengetahui demografi customers,
Anda bisa menentukan target customers
dan target market. Setelah informasi kedua hal tersebut Anda miliki, maka Anda
tinggal mencocokkannya dengan sosial media yang para penggunanya didominasi
oleh target customer dan market tadi.
2. Pertimbangkan kebutuhan bisnis Anda
Tidak hanya mengklasifikasikan target customers
untuk kebutuhan digital marketing bisnis Anda, memilih sosial media yang tepat
pun harus berdasarkan jenis produk/layanan yang ditawarkan dan tema kontennya.
Semisalnya, memilih instagram untuk bisnis butik yang sangat cocok untuk
menampilkan citra visual dari foto produk. Baiknya, Anda tidak memilih lebih
dari dua sosial media agar Anda fokus dan berkomitmen perihal konten dan
sebagainya.
3. Tentukan standar dan strategi konten sosial media bisnis Anda
Setelah menentukan sosial media mana yang tepat
dan sesuai dengan bisnis Anda, maka hal selanjutnya yang harus diperhatikan
ialah konten. Akan sia-sia bila ternyata konten yang disajikan tidaklah
berkualitas. Oleh karena itu, ini saatnya Anda membuat konten sesuai standar
yang menarik dan bermanfaat. Serta merencanakan strategi yang tepat untuk
mendistribusikan konten-konten tersebut ke sosial media.
Adapun standar konten yang memengaruhi tingkat
keberhasilan sosial media marketing yang dijalankan ialah Kualitas konten,
Waktu yang tepat untuk memposting konten, Jumlah postingan rutin setiap
harinya.
Perlu Anda ingat bahwa dalam merancang strategi marketing melalui sosial media, ada tujuan utama yang mesti Anda capai, yakni :
Ø Brand Awareness
Tujuan ini
guna meningkatkan kesadaran konsumen (dalam hal ini para pengguna sosial media)
terhadap kebeeradaan dan merk produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan.
Untuk mencapai hal tersebut maka konten yang disajikan diisi tentang informasi
produk yang mengedukasi pasar, dan informasi-informsi tips bermanfaat dan
kekinian yang relate dengan bisnis Anda.
Ø Konversi Penjualan
Jika tahap
mengedukasi pasar mengenai info dasar produk, kelebihan, value, dan lainnya
telah berjalan dengan baik, selanjutnya tujuan yang harus dicapai ialah
terjadinya konversi penjualan yaitu mengajak customers untuk membeli atau
memakai produk/layanan dari bisnis Anda.
Demikian ulasan mengenai 5 sosial media yang cocok untuk bisnis Anda,
beserta bagaimana cara memilih platform sosial media yang tepat agar bisnis
Anda semakin maju dan profesional.
Selain hal-hal yang telah disampaikan di atas, Anda juga butuh untuk
memahami bahwa mengelola bisnis secara online
sangat membutuhkan dedikasi dan biaya-biaya sebagaimana mengelola bisnis secara
offline. Dedikasi tersebut dapat
berupa waktu, moril, dan materil. Sementara biaya-biaya yang perlu dibuat
budget di antaranya ialah biaya investasi ilmu sosial media marketing, biaya
iklan melalui facebook dan instagram Ads, biaya pain promote dan endorsement,
sampai dengan biaya mempekerjakan admin sosmed.
Setiap tahap dan pengorbanan tersebut merupakan suatu proses trial and error yang harus dilalui sebelum
benar-benar menemukan strategi jitu dalam hal mengelola sosial media bisnis
Anda yang akan menguntungkan di masa depan.
Semoga bermanfaat.