-->

5 Sosial Media Yang Cocok Untuk Bisnis Online


5 Sosial Media Yang Cocok Untuk Bisnis Online


Dewasa ini kepopuleran sosial media bukan lagi hal baru. Pasalnya semakin hari para penggunanya semakin bertambah dari berbagai belahan dunia untuk memanfatkan fitur-fitur yang ada. Banyaknya user aktif inilah yang menjadi kesempatan bagi sebagian orang untuk meraup keuntungan. Baik dengan promosi bisnis, membuka online shop, jasa endorsement, dan lain-lain. Tidak heran jika perusahaan-perusahaan besar bahkan UMKM seolah berlomba eksis di berbagai sosial media.
Kesempatan ini pula harusnya tidak terlewat oleh Anda untuk mengembangkan bisnis dan menghasilkan keuntungan.

Sejak kehadiran sosial media yang berkembang pesat sedari ditemukannya teknologi internet, media promosi bisnis konvensional perlahan ditinggalkan, seperti radio dan media cetak. Bisa dikatakan media digital online kini menjadi wadah promosi yang lebih banyak dimanfaatkan karena kemudahan yang diberikan bagi pemakainya, serta sistem yang real time dan praktis. Terlebih dengan tersedianya bermacam Internet Tools semisal blog, website, facebook, instagram, dan sebagainya.

Lalu, sosial media apa saja yang cocok untuk bisnis online? Berikut uraian dari kami yang bisa menjadi pertimbangan dalam mempromosikan bisnis Anda. Simak, ya!


aset digital

Sosial Media Untuk Bisnis Online

1.       Facebook

Facebook adalah sosial media pertama yang tim asetdigital.com rekomendasikan. Selain karena penggunanya yang paling banyak di dunia, Facebook juga memiliki fitur lengkap untuk menunjang kegiatan bisnis Anda mulai dari promosi hingga konversi penjualan, utamanya fitur Facebook Ads. Hal telah diakui dan dibuktikan oleh banyak pebisnis online yang telah lama terjun memanfaatkan sosial media Facebook.

2.       Instagram

Sosial media satu ini merupakan primadona bagi hampir semua pelaku bisnis yang meng-online-kan usaha mereka. Keunggulan utamanya ialah Anda bisa mengunggah foto produk dan menjadikannya sebagai katalog online yang akan menarik perhatian calon pelanggan. Foto-foto tersebut dapat disertai caption dan penggunaan hastag untk menguatkan kegiatan promosi bisnis Anda. Sama halnya dengan Facebook, kini Instagram pun mempunyai ditur Ads yang memungkinkan pemasaran produk menjangkau lebih banyak calon customer tertarget.

3.       Twitter

Tak kalah populer dibanding Facebook dan Instagram, Twitter bisa jadi salah satu opsi Anda untuk digunakan sebagai media bisnis online. Meski awalnya dikenal sebagai sosial media dengan jumlah karakter caption terbatas, Twitter nyatanya sanggup menjadi media ampuh dalam memasarkan produk atau jasa. Nah, agar promosi bisnis Anda kian maksimal, lebih dulu Anda harus meningkatkan jumlah follower, rajib nge-tweet, menjadwalkan promosi rutin, sampai mengikuti promo berbayar.

4.       Tiktok

Tiktok termasuk sosial media yang perkembangannya paling cepat. Hanya butuh empat tahun lamanya hingga sosial media ini memiliki 500 juta pengguna dari berbagai negara. Kelebihannya terletak pada fitur video berdurasi pendek yang diiringi beragam filter, musik, dan fitur unik lain. Jika Anda jeli dan memanfaatkannya dengan tepat, maka Tiktok dapat menjadi sarana promosi amppuh untuk bisnis Anda.

5.       Google My Business

Walaupun tidak sepenuhnya termasuk sosial media, namun platform keluaran Google ini bisa Anda manfaatkan untuk perkembangan dan memperkuat strategi bisnis. Lewat Google My Business, calon customer dapat mengakses  informasi mengenai produk atau layanan yang Anda sediakan. Hal ini karena informasi lengkap mengenai profil, peta lokasi, dan ulasan bisnis Anda ditampilkan pada akun Google My Business.

Sekarang Anda telah mengetahui 5 sosial media yang cocok untuk bisnis Anda beserta keunggulan fitur masing-masing. Namun, hal itu tidak berarti Anda bisa menggunakan semua sosial media tanpa mempertimbangkan jenis bisnis yang sedang digeluti. Nah, lantas bagaimana memilih jenis sosial media yang tidak hanya cocok tapi juga tepat dengan bisnis Anda?

Cara Memilih Sosial Media Yang Sesuai Untuk Bisnis

1.       Riset customer berdasarkan demografi

Langkah pertama untuk mengetahui jenis sosial media yang tepat untuk bisnis Anda ialah riset demografi. Mengapa riset ini penting? Karena dengan mengetahui demografi customers, Anda bisa menentukan target customers dan target market. Setelah informasi kedua hal tersebut Anda miliki, maka Anda tinggal mencocokkannya dengan sosial media yang para penggunanya didominasi oleh target customer dan market tadi.

2.       Pertimbangkan kebutuhan bisnis Anda

Tidak hanya mengklasifikasikan target customers untuk kebutuhan digital marketing bisnis Anda, memilih sosial media yang tepat pun harus berdasarkan jenis produk/layanan yang ditawarkan dan tema kontennya. Semisalnya, memilih instagram untuk bisnis butik yang sangat cocok untuk menampilkan citra visual dari foto produk. Baiknya, Anda tidak memilih lebih dari dua sosial media agar Anda fokus dan berkomitmen perihal konten dan sebagainya.

3.       Tentukan standar dan strategi konten sosial media bisnis Anda

Setelah menentukan sosial media mana yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda, maka hal selanjutnya yang harus diperhatikan ialah konten. Akan sia-sia bila ternyata konten yang disajikan tidaklah berkualitas. Oleh karena itu, ini saatnya Anda membuat konten sesuai standar yang menarik dan bermanfaat. Serta merencanakan strategi yang tepat untuk mendistribusikan konten-konten tersebut ke sosial media.

Adapun standar konten yang memengaruhi tingkat keberhasilan sosial media marketing yang dijalankan ialah Kualitas konten, Waktu yang tepat untuk memposting konten, Jumlah postingan rutin setiap harinya.

Perlu Anda ingat bahwa dalam merancang strategi marketing melalui sosial media, ada tujuan utama yang mesti Anda capai, yakni :


Ø  Brand Awareness

Tujuan ini guna meningkatkan kesadaran konsumen (dalam hal ini para pengguna sosial media) terhadap kebeeradaan dan merk produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan. Untuk mencapai hal tersebut maka konten yang disajikan diisi tentang informasi produk yang mengedukasi pasar, dan informasi-informsi tips bermanfaat dan kekinian yang relate dengan bisnis Anda.

Ø  Konversi Penjualan

Jika tahap mengedukasi pasar mengenai info dasar produk, kelebihan, value, dan lainnya telah berjalan dengan baik, selanjutnya tujuan yang harus dicapai ialah terjadinya konversi penjualan yaitu mengajak customers untuk membeli atau memakai produk/layanan dari  bisnis Anda.

Demikian ulasan mengenai 5 sosial media yang cocok untuk bisnis Anda, beserta bagaimana cara memilih platform sosial media yang tepat agar bisnis Anda semakin maju dan profesional.

Selain hal-hal yang telah disampaikan di atas, Anda juga butuh untuk memahami bahwa mengelola bisnis secara online sangat membutuhkan dedikasi dan biaya-biaya sebagaimana mengelola bisnis secara offline. Dedikasi tersebut dapat berupa waktu, moril, dan materil. Sementara biaya-biaya yang perlu dibuat budget di antaranya ialah biaya investasi ilmu sosial media marketing, biaya iklan melalui facebook dan instagram Ads, biaya pain promote dan endorsement, sampai dengan biaya mempekerjakan admin sosmed.

Setiap tahap dan pengorbanan tersebut merupakan suatu proses trial and error yang harus dilalui sebelum benar-benar menemukan strategi jitu dalam hal mengelola sosial media bisnis Anda yang akan menguntungkan di masa depan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel